6 Alasan Kenapa Sepeda adalah Benda yang Wajib Kamu Miliki

by

Menurut sejarah yang ditulis di Ensiklopedia Columbia, sepeda diakui berasal dari negara Prancis. Masih menurut sejarah, Perancis dianggap sudah mengenal alat transportasi roda dua yang disebut velocipede ini sejak abad ke-18. Tapi, pada zaman dahulu konstruksinya belum menggunakan besi seperti yang kita temui saat ini melainkan masih menggunakan bahan-bahan dari kayu.

Di zaman modern ini, sepeda semakin banyak digunakan di samping motor dan mobil yang kerap diandalkan sebagai alat transportasi untuk pergi ke tempat-tempat yang jauh. Namun belakangan, peminat sepeda tampaknya mulai berkurang karena harga sepeda dianggap mulai mahal.

Nah, buat kamu yang ingin mencari sepeda murah dari merk-merk terkenal, baik baru maupun bekas. Saya rekomendasikan kamu mencari di online shop seperti Bukalapak.

Walaupun peminatnya tidak sebanyak motor, tetap saja masih banyak orang yang menyadari bahwa sepeda merupakan alternatif terbaik untuk berolahraga sekaligus untuk menjaga agar lingkungan tempat kita tinggal bebas dari polusi.

Sekarang, sepeda lebih banyak dimanfaatkan untuk menjangkau tempat-tempat yang lebih dekat di samping untuk sarana olahraga dan untuk menemani aktivitas jalan-jalan. Namun ada juga jenis-jenis sepeda yang digunakan untuk mendukung hobi seperti sepeda gunung yang bisa dimanfaatkan untuk tracking hingga aktivitas downhill bike.

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa bersepeda bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan mental maupun fisik kita. Bersepeda bisa menurunkan stress, mencegah depresi, menyehatkan jantung, paru-paru, serta memperkuat otot dan tulang.

Bagi kamu yang belum berniat beli sepeda, 6 alasan kenapa sepeda adalah benda yang wajib harus kamu miliki berikut ini mungkin bisa merubah pendirianmu sehingga mau membeli setidaknya satu untuk dirimu sendiri atau bisa juga untuk hadiah bagi anak maupun family.

1. Menyehatkan otak
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Charles Hillman pada tahun 2007 menunjukkan bahwa, olahraga seperti bersepeda bisa membantu mencegah alzheimer pada orang tua.
Pada tahun yang sama, Dr. Phil Tomporowski membuktikan bahwa anak-anak yang rajin bersepeda mendapatkan banyak pengaruh positif dari kegiatan ini terutama untuk mengendalikan masalah seperti ADD.

2. Bisa memulihkan nyeri lutut dan osteoarthritis lebih cepat
Penelitian lain menemukan bahwa lansia yang menjadi pasien nyeri lutut atau osteoarthritis bisa lebih cepat pulih apabila rutin bersepeda hanya beberapa menit sehari.

3. Meningkatkan kesehatan jantung
Membeli sepeda murah sekalipun tetap akan memberikan banyak manfaat jika kita mau memaksimalkannya. Salah satu manfaat tersebut adalah untuk menyehatkan jantung.
Jadi, jika kantormu kebetulan berada tidak terlalu jauh dari rumah, kamu bisa memanfaatkan sepeda setiap pagi dan sore untuk pergi dan pulang.

4. Bisa membantu membakar kalori dan lemak
Jika jogging atau berlari merupakan pilihan olahraga yang dianggap terlalu melelahkan, maka bersepeda justru dianggap sebagai olahraga yang menyenangkan.
Tidak hanya bisa memberikan kita kesenangan yang membuat stres maupun kecemasan jadi berkurang, namun mengayuh sepeda juga akan membantu kita membakar lebih banyak lemak dan kalori di tubuh.
Dengan berkurangnya lemak di tubuh, kita pun akan jadi jauh lebih sehat, jauh dari diabetes tipe 2, jauh dari penyakit tulang dan sendi, serta berbagai macam penyakit kronis lainnya.

5. Bisa menurunkan resiko terkena kanker
Bersepeda secara teratur apabila dikombinasikan dengan mengkonsumsi makanan bergizi seperti sayur-sayuran hijau, protein tanpa lemak, dan biji-bijian yang dianggap sehat, kegiatan ini bisa jadi cara terbaik untuk menurunkan risiko terkena kanker.
Menurut penelitian yang diterbitkan di dalam Journal of American Medical Association dari hasil penelitian terhadap 14.000 orang pria menemukan bahwa, mereka yang aktif secara fisik dan terbiasa bersepeda setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena kanker paru-paru dan kolorektal ketika mendekati usia paruh baya.

6. Membantu menjaga lingkungan
Alasan selanjutnya kenapa sepeda adalah benda yang wajib dan harus kamu miliki adalah untuk menjaga lingkungan. Karena isu mengenai polusi saat ini sudah sangat mengkhawatirkan.
Tidak hanya untuk dirimu dan orang-orang yang hidup pada saat ini melainkan, lebih memilih sepeda sebagai alat transportasi dibandingkan dengan kendaraan bermotor yang menggunakan BBM akan memberikan dampak yang sangat signifikan bagi lingkungan anak cucu kita di masa yang akan datang.

Tempat beli sepeda murah
Bukalapak merupakan toko online yang saya rekomendasikan jika kamu ingin membeli sepeda dengan harga terjangkau. Toko online yang satu ini Dia hanya menjual fullbike dari berbagai merek terkenal mulai dari BMX, Polygon, MTB, hingga Fixie melainkan, mereka juga menyediakan berbagai macam aksesoris, spare part sepeda, outwear, hingga peralatan mekanik serta nutrisi dan energi.

About Author: Jonegoroan

Gravatar Image
Gunakan Bahasa Jonegoro dengan Hastag #Bojonegoro dan Mention ke @Jonegoroan jangan lupa gabung ke FP Jonegoroan dan Group Kosa Kata Asli Jonegoroan - Lestarikan Bahasa LOKAL