Belimbing Ringinrejo

1
62

BELIMBING AGROWISATA BOJONEGORO, Mojo adalah sebuah desa kecil yang berkecamatan Kalitidu  kabupaten bojonegoro sangat strategis untuk pertanian karena di kelilingi oleh sungai bengawan solo. bertani merupakan merupakan mata pencaharian penduduk setempat. karena di keleilingi sungai bengawan solo desa ini sangat subur didukung sistem irigasi yang tak kenal putus maka petani di desaini setiap tahunnya panen padi sampai 3-4 kali.

Blimbing-BojonegoroDisamping bertani yang sangat berpotensial di desa tersebut  berkebun belimbing. Belimbing mojo di kenal dengan belimbing madu karena warnanya yang kuning-orange keemasan ditambah rasanya yang sangat manis. Belimbing yang nama ilmiahnya “averrhoacarambola” atau dalam bahasa inggrisnya star fruit ini menjadi icon kota bojonegoro.

Banyak orang dari luarkota yang  beragrowisata di desa ini.  Agrowisata belimbing di desa ini yang terkenal adalah milik bapak giwarnoto karena kualitas belimbingnya yang bagus. Banyak orang dari luar daerah yang beragrowisata dikebun saya, mulai dari orang dewasa sampai anak TK dan SD ujar bapak giwarnoto. Selain dapat menikmatimanisnya belimbing dikebun bapak giwarnoto juga akandi perkenalkan cara menanam, merawat sampai memanen belimbing.

Belimbing sendiri selain manis dan segar saat di makan juga banyak mengandung  vitamin C dan A yang sangat tinggi, rasanya yang manis di tengarai sebagai obatherbal  penurun darah tinggi/hipertensi, kencingmanis, nyeri lambung  dll.

Belimbing madu desa mojo  merupakan  icon kota Bojonegoro yang patut kita banggakan sebagai komoditas unggulan yang bernilai kompetiitif dan komparatif khususnya komoditas holtikultura yang merupakan sumber daya lokal.

Kebun Belimbing Ringinrejo dengan luas ± 19.3 hektar dikelola oleh 80 orang. Kepemilikan pohon belimbing masing-masing orangpun berbeda,

Perawatan kebun belimbing itupun nggak terlalu sulit. Cuma harus memperhatikan drainase yang tepat, Jarak antar pohon sekitar 4 m, jangan terlalu renggang atau terlalu rapat. Pemupukan yang cukup dengan pupuk organik, selain sebagai pembenah tanah hal ini juga untuk menjaga kualitas buah belimbing yang super enak dan gEdE. kemudian penjarangan buah agar ukuran buah besar.

Pembuatan pupuk organikpun dengan cara yang sederhana… (barang kali ada yang mau coba bikin) Begini caranya… Pertama kalian harus bikin larutan bakteri lactobacillus (yg biasanya juga terdapat pada Yakult) yaitu dengan mencampurkan blenderan dari 5 buah kulit pisang yang dicampur dengan air gula ( 1 liter air + 1 ons gula) dan didiamkan sampai 4 hari. Jika berhasil maka aromanya harum, tapi kalau gagal/bakteri lactobacillus mati baunya busuk. Setelah pembuatan bakteri lactobacillus sukses selanjutnya adalah Pembuatan Pupuk Organik yaitu dengan cara mencampur 1 gelas larutan bakteri lactobacillus dengan 5 liter air kemudian disiramkan ke 1 kw kotoran hewan (kotoran yang baru). Jadi dech pupuk organiknya…

Untuk setiap Kilonya harganya bervariasi dari Rp. 5000,- sampai Rp. 8.000,- per Kilonya tergantung dari ukuran dan kualitas masing-masing.

Referensi :
http://www.bloggerbojonegoro.com/belimbing-agrowisata-bojonegoro.html
http://www.bloggerbojonegoro.com/kelas-menulis-kreatif-minggu-kedua.html
http://rnurlailla.blogspot.com/2012/01/mencari-inspirasi-di-kebun-belimbing.html
http://mytha-world.blogspot.com/2012/02/wisata-segarnya-buah-belimbing-dari.html
http://lelychusna.blogspot.com/2012/01/kelas-menulis-ii-wisata.html

SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here