Cara Klaim Asuransi Kesehatan Agar Diterima

by

Pentingnya menjaga kesehatan sudah harus dilakukan oleh semua orang. Dengan memiliki asuransi kesehatan sudah termasuk melakukan proteksi diri dalam kesehatan. Biaya medis mahal akan tertutupi jika memiliki polis asuransi kesehatan.

Pemilik polis asuransi kesehatan juga harus paham ketentuan dalam polis yang mana merupakan landasan hukum yang wajib dijalankan oleh pemegang polis dan pihak perusahaan asuransi kesehatan. Ada beberapa hal cara klaim asuransi prudential agar diterima.

Ketahui Masa Tunggu

Pastikan sudah melewati masa tunggu atau grace period karena setiap asuransi kesehatan memiliki syarat ini. Didalam masa tunggu, pemilik polis tidak dapat mengajukan klaim. Biasanya masa tunggu 30 hari sejak polis disetujui. Misal polis disetujui 1 November 2018, dengan masa tunggu 30 hari maka pemilik polis baru bisa mengkalim 30 hari dari tanggal disetujui yaitu 1 Desember 2018.

Lain pula asuransi kesehatan Prudential memiliki masa tunggu 12 bulan untuk 19 penyakit tertentu untuk bisa melakukan klaim sejak polis aktif. Jadi jika klaim penyakit sebelum 12 bulan sejak polis disetujui otomatis klaim akan ditolak.

Tentang Pre-existing Condition

Pre-existing condition adalah sebuah ketentuan asuransi kesehatan yang mana pemilik polis asuransi menderita penyakit atau kondisi yang telah ada sebelum polis asuransi kesehatan. Pihak perusahaan asuransi kesehatan tidak akan membayar apapun jika ada hal pemilik polis memiliki pre-existing condition. Jadi jika memiliki penyakit sebelum polis disetujui maka tidak akan ditanggung oleh asuransi.

Pahami Syarat Rawat Inap

Syarat pengajuan sendiri harus memenuhi syarat rawat inap. Seperti hal rumah sakit atau klinik tidak sesuai ketentuan pihak asuransi. Lalu ada minimum hari rawat inap. Ada asuransi yang mensyaratkan 2 hari rawat inap baru bisa diklaim, ada juga yang hanya 1 hari rawat inap sudah bisa klaim. Ketentuan seperti ini harus diperhatikan apa yang tertulis didalam polis asuransi.

Klaim Segera Mungkin

Setiap perusahaan asuransi dipastikan memiliki masa kadaluwarsa untuk pengajuan klaim. Mengajukan klaim asuransi kesehatan memang harus dilakukan secepatnya setelah perawatan selesai jika biaya pengobatan bersifat penggantian atau reimbursement.

Polis Tidak Aktif

Memang terlihat sepele jika pemilik polis telat bayar premi sampai melewati masa tenggang. Jadi ketika ingin mengklaim pastikan polis aktif dan selalu membayar premi tepat waktu.

Dari semua beberapa hal yang telah disebutkan diatas pastikan yang paling terpenting adalah dengan memahami semua isi polis asuransi kesehatan dengan sebaik-baiknya. Pahami setiap ketentuan yang ada mulai dari kriteria keadaan yang dilindungi oleh perusahaan asuransi kesehatan karena adanya pasal pengecualian, syarat-syarat dokumen, dan masa tunggu hinggu batas waktu maksimal klaim. Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan agar diterima klaim asuransi kesehatan.