Cara Mudah Menjaga Kesehatan di Kantor Meski Sibuk

0
60

Rutinitas kerja di kantor yang begitu sibuk sering kali mengadang kita untuk menjaga kesehatan di kantor. Akhirnya, kita tak jarang mau tak mau kita terbiasa dengan pola hidup tak sehat. Tak pelak makanan instan tak jarang jadi pilihan, minuman ringan juga tak jarang dikonsumsi karena lupa atau malas bawa air putih sendiri. Beberapa hal tak sehat lainnya yang jadi umum adalah kebiasaan untuk malas bergerak. Ini khususnya terjadi bagi mereka pekerja yang duduk 8 jam di kantor.

relaxing office

Akan tetapi, sebenarnya ada cara mudah menjaga kesehatan di kantor meski Anda sangat sibuk. Sangat mudah. Yang terpenting Anda benar-benar mau meluangkan waktu – sedikit saja. Intinya juga adalah konsistensi. Pun jangan lupakan untuk selalu punya asuransi kesehatan untuk jaga-jaga. Seberapapun waktu yang kita luangkan untuk menjaga kesehatan tetap tak mampu untuk menghindari beberapa penyakit, kan, ya?

Berikut beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan ketika berada di kantor:

Menjaga Kesehatan di Kantor dengan Cara Mudah

1.     Gerakkan kaki

Ya, semakin banyak Anda menggerakkan kaki maka akan semakin baik. Jadi, mulailah dari kaki Anda terlebih dahulu. Caranya? Daripada Anda sampai tepat di depan kantor menggunakan kendaraan, mengapa tidak memarkirkan kendaraan di tempat parkir yang cukup jauh? Atau, bagi Anda yang naik kendaraan umum dapat turun di lokasi yang memungkinkan Anda untuk berjalan kaki terlebih dahulu ke kantor. Anda pun dapat menggunakan jarak yang tersisa tersebut dengan jalan kaki.

Kemudian, sesampainya di kantor, jika memang tersedia – gunakan saja tangga daripada lift.

2.     Bawa makanan siang buatan Anda sendiri

Jika tidak mudah untuk memperoleh makana sehat di kantor maka cobalah untuk membuat bekal makan siang Anda sendiri. Menu yang Anda makan hari ini pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan gizi Anda, bukan? Anda pun tak perlu kuatir dengan campuran vetsin ataupun penyajian yang kurang bersih. Jangan lupa untuk lebih memilih menu-menu sehat seperti nasi merah, ayam rebus, olahan ikan dan sebagainya.

Selain itu, sediakan juga camilan sehat atau makanan penutup seperti buah-buahan, sayuran segar ataupun yogurt. Jadi, Anda bisa hadapi serangan lapar yang kadang tak kenal waktu. Apalagi kalau AC di kantor cukup dingin, biasanya godaan lapar sering kali menghampiri.

3.     Olahraga ringan di meja kerja

Tidak semua kantor menyediakan fasilitas fitness ataupun mengizinkan pekerjanya berolahraga di lokasi kantor. Namun, Anda bisa menyiasatinya dengan olahraga ringan di meja kerja saja. Gunakan barbel kecil ataupun resistance band yang bisa Anda pakai kapan saja. Selain itu, Anda pun dapat melakukan latihan angkat kedua kaki sejajar paha selama 10 detik dan turunkan. Ulangi sesuai kemampuan Anda. Bahkan, Anda bisa melakukan gerakan ini sembari mengerjakan tugas kantor.

Sesudah jam kerja tetap batasi diri Anda. Anda tak dilarang untuk bersosialiasi, hanya saja harus punya kemampuan mengendalikan diri. Seperti misalnya, batasi mengonsumsi makanan manis, kopi dengan gula dan krim dan sebagainya. Dengan begitu, perjuangan Anda selama di kantor tadi tak sia-sia. Tentu saja, ingat pula bahwa perjuangan Anda menjaga kesehatan tidak hanya dilakukan selama Anda bekerja saja, melainkan juga selamanya hingga akhir hayat. Untuk itu, melengkapi asuransi kesehatan dengan bergabung dalam program asuransi jiwa pun akan semakin melengkapi masa depan Anda dan juga masa depan pasangan hidup dan anak-anak. Salam sehat!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here