Home / News / Erupsi Anak Gunung Kelud

Erupsi Anak Gunung Kelud

Tidak ada yang tau bagaimana cara gunung dan lautan bertasbih padaNya, dan saat Anak Gunung Kelud erupsi…??? sesungguhnya itu adalah teguran buat kita semua tuk kembali mengingat dan memujaNya… “Sesungguhnya Allah maha Kuasa”

Hujan Abu

Hujan Abu Vulkanik anak Gunung Kelud di Bojonegoro

Peningkatan aktivitas vulkanik dari Gunung Kelud terus berlangsung, terhitung Senin (10/2) pukul 16.00 Wib, PVMBG menaikkan statusnya menjadi Siaga (level III). Pada radius 5 km diperkirakan ada masyarakat sekitar 100 jiwa. Masyarakat yang berada dalam KRB II dihimbau untuk selalu waspada dan memperhatikan perkembangan G. Kelud yang dikeluarkan oleh PVMBG,”

“Kenaikan status awas adalah status peringatan tertinggi dari gunungapi berdasarkan ancamannya. Radius ditetapkan 10 km dari puncak kawah Gunung Kelud harus tidak ada aktivitas masyarakat,” jelasnya, Kamis.

Kenaikan status awas dilakukan PVMBG berdasarkan adanya peningkatan instrumental dari aktivitas vulkanis, seismisitas dan pengamatan visual dari Gunung Kelud. BNPB, PVMBG, Pemda Jatim, Pemda Blitar, Kediri, dan Malang berkoordinasi terkait kenaikan status Awas ini. Ada sekitar 200.000 jiwa lebih masyarakat dari 36 desa yang tinggal di dalam radius 10 km dihimbau untuk segera keluar dari radius 10 km tersebut untuk meminimalisir segala kemungkinan dampak yang terjadi.

Gunung baru anak G. kelud

Gunung kelud sebelum dan sesudah November 2007

Gunung Kelud merupakan gunung berapi aktif yang terletak di Jawa Timur, tepatnya diantara kabupaten Kediri dan Blitar. Gunung yang memiliki ketinggian 1.731 mdpl ini, bisa diakses melalui Kabupaten Kediri, kabupaten Blitar atau Malang, hanya saja pada akhirnya juga melewati jalur Kabupaten Kediri. Dilokasi wisata Gunung Kelud ini juga terdapat “Mysterious road” kendaraan roda empat atau roda dua, jika mesin dimatikan dan gigi dalam posisi netral akan berjalan sendiri, meskipun secara kasat mata jalan menanjak. Konon Mysterious road mirip jalan jabal Magnet di Arab. Banyak pendapat yang menanggapinya baik positif maupun negatif, namun entahlah mungkin suatu saat bisa dibuktikan secara ilmiah dengan data yang lebih valid lagi. Keelokan pemandangan yang disuguhkan Gunung Kelud sungguh luar biasa, terlebih kawah yang airnya hijau yang biasa digunakan sebagai tempat ritual umat budha. Pada November 2007 terjadi Gunung Kelud gagal meletus hal ini menimbulkan munculnya anak gunung kelud yang menutupi kawah hijau tersebut. Dan anak Gunung Kelud inilah yang kemarin erupsi dan korban terparah adalah desa lawang, Jampes – Kediri.

Erupsi dari anak gunung kelud kemarin abu vulkaniknya sampai di beberapa kabupaten di Jawa Timur termasuk Bojonegoro, sampai juga di Solo dan Jogja Jawa Tengah juga beberapa kerabat blogger bilang abu vulkanik dirasakan sampai ciamis, Bandung Jawa Barat. Dahsyat banget angin yang membawanya. Semoga tidak berdampak yang fatal, Amin… #PrayForKelud

2 comments

  1. Gunung kelud sudah meletus, sekarang yang jadi tren topik gunung slamet sama gunung merapi,..

    • Hohohooo… “Tidak ada yang tau bagaimana cara gunung dan lautan bertasbih padaNya”
      Wallohu ‘alam… #semoga semua slalu dalam LindunganNya, Amin ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*