Kayu Jati Bojonegoro Jadi Tropy Piala Presiden

by

Jadwal Piala Presiden 2015Piala Presiden adalah turnamen independen yang digelar Mahaka Sports and Entertainment. Turnamen ini mendapat dukungan dari kedua “kubu”. Baik dari pemerintah (Presiden Jokowi dan Badan Olahraga Profesional Indonesia) maupun Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI)

Piala Presiden digelar Sejak 30 Agustus hingga Oktober 2015 dengan 16 peserta, 13 di antaranya adalah klub-klub ISL. Sedangkan tiga tim lainnya adalah tim undangan yang biasa berlaga di Divisi Utama. Mereka adalah Persita Tangerang, Martapura FC, dan PSGC Ciamis.

Bagi Warga Bojonegoro harus bangga ni karena Kayu Jati Bojonegoro Jadi Tropy Piala Presiden, kayu jati Bojonegoro diangap memiliki serat yang elastis. Kayu Jati setinggi 60 cm tersebut dipahat oleh Ida Bagus Ketut Lasem yang ditunjuk sebagai pembuat trofi Piala Presiden. Pemahat tersohor asal Gianyar tersebut dipilih untuk melanjutkan pahatan trofi Piala Presiden yang pertama kali dipahat oleh Presiden Joko Widodo.

Pemahat Tropy Piala Presiden 2015
Ida Bagus Ketut Lasem Pemahat Trophy Piala Presiden dengan Kayu Jati Bojonegoro

Dikutip dari liputan6 bagi Lasem hanya tiga hal yang terbersit di benaknya kala dipercaya menjadi pemahat turnamen yang diselenggarakan PT Mahaka Sports and Entertainment itu. Sebagai seorang seniman, Lasem memegang betul tiga prinsip hasil karya.

“Pertama, seni itu menyangkut senang. Saya senang berbuat sesuatu yang disenangi orang,” kata dia.

Kedua, seni yang dipahami Lasem bukanlah paksaan. Bagi dia, koreksi terhadap hasil karya menjadi bagian tak terpisahkan di sini. Sebabnya, kedua belah pihak yakni pembuat dan penikmat seni harus merasakan kesenangan yang sama.

“Dalam kesenangan tersebut ada keseimbangan antara saya yang membuat dan orang yang mendapat kesenangan,” terang Lasem.

Ketiga, orientasinya tidak hanya dari segi materi. “Seni lebih dahulu sebelum melakukan harapan kerja yang diharapkan orang lain,” ungkapnya. Ia berharap hasil karyanya dapat diterima semua lapisan insan olahraga.

“Kebanggaan bagi saya selaku seniman. Hasil karya saya mudah-mudahan disenangi seluruh peserta yang suka olahraga,” papar Lasem

Source :
http://bola.liputan6.com/read/2311358/3-harapan-ida-bagus-ketut-lasem-si-pemahat-piala-presiden
http://www.rappler.com/indonesia/104219-piala-presiden-2015-pamer-gengsi-tim-transisi
http://www.aktualita.co/ida-bagus-ketut-lasem-seniman-bali-pemahat-tropi-piala-presiden/4967/
http://www.juara.net/read/nasional/liga.indonesia/123184-jokowi.jadi.pemahat.pertama.piala.presiden

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *