Mengenal Lebih Dalam Tentang Sablon Polyflex

by

Bisnis usaha sablon kaos memang tak akan kehilangan pasar karena semua orang akan tetap menggunakan kaos setiap harinya ketika sedang santai di rumah. Kaos seperti kebutuhan primer yang mana setiap orang bisa mendesain sendiri gambar yang diinginkan. Pengusaha sablon juga harus dituntut cepat, hasil sesuai yang diinginkan, lebih rapi, dan tentunya awet.

Saat ini banyak metode dalam cetak sablon kaos seperti yang sudah lama digunakan sablon manual. Ada juga sablon printer DTG, dan yang terbaru ada metode sablon polyflex. Sablon manual dan DTG memang sudah populer ketimbang metode baru sablon polyflex. Lalu apa yang dimaksud dengan sablon polyflex?

Sablon polyflex merupakan jenis sablon yang menggunakan bahan sejenis stiker/vinyl dan memiliki daya rekat yang kuat. Dalam mengerjakan juga termasuk mudah cukup 3 langkah CPP yaitu Cut, Peel, dan Press.

Cut

Merupakan proses pemotongan bahan polyflex dengan menggunakan mesin cutting. Dengan menggunakan mesin yang telah terintegrasi dengan komputer, membuat hasil akan sesuai dengan gambar yang telah ditentukan.

Peel

Proses pelepasan bahan polyflex yang tak terpakai setelah melakukan proses cutting. Proses peel lebih ke pembuangan bahan yang tidak termasuk dalam desain.

Press

Ini adalah proses terakhir untuk menekan hasil desain ke media seperti kaos menggunakan mesin heat press. Setelah proses press, lapisan plastik pada polyflex secara perlahan dapat dilepas dan sablon kaos dengan bahan polyflex sudah jadi.

Dengan proses pengerjaan cukup 3 langkah tidak memakan waktu banyak dalam mengerjakan. Dengan metode ini pengusaha sablon juga bisa menerima pesanan satuan karena tidak memerlukan screen untuk mencetaknya. Metode sablon polyflex masih tergolong baru dan selain itu juga memiliki banyak kelebihan.

Warna bahan polyflex susah pudar

Dengan berbahan seperti stiker sablon polyflex terbilang lebih tahan lama, tidak cepat pudar, dan juga lebih awet.

Proses sablon polyflex yang mudah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, hanya dengan 3 proses kaos dengan metode polyflex sudah siap dipakai dan tak memakan waktu banyak dalam proses produksi.

Hasil lebih presisi

Hasil cutting bahan polyflex lebih presisi dan rapi sesuai yang telah ditentukan karena menggunakan mesin cutting.

Biaya produksi lebih terjangkau

Murahnya bahan polyflex membuat biaya produksi bisa ditekan dan menjadikan keuntungan menjadi lebih besar.

Cocok untuk sablon satuan

Tak memerlukan screen seperti halnya sablon manual membuat metode sablon polyflex dapat langsung produksi.

Begitu banyak kemudahan dan kelebihan menggunakan sablon polyflex mejadikan banyak variasi metode sablon dalam usaha sablon. Apalagi sudah banyak beredar bahan-bahan sablon yang jual polyflex itu sendiri dan juga alat pendukung lainnya seperti mesin cutting dan mesin heat press.