Home / News / Pilih Pompa Air Terbaik untuk Rumah

Pilih Pompa Air Terbaik untuk Rumah

Bagi setiap rumah tangga, salah satu sumber kehidupan yaitu air sangat dibutuhkan kehadirannya. Air tidak hanya untuk minum tapi juga untuk mandi, mencuci, serta kegiatan lainnya. Dimana, untuk kebutuhan tersebut, biasanya rumah-rumah akan menggunakan sumber air seperti dari PDAM yang siap pakai. Namun, tidak semua daerah terjangkau PDAM. Oleh karena itu, sebagian lainnya menggunakan sumber mata air tanah dan sumur. Khusus untuk sumur, agar tidak perlu menimba, maka digunakan pompa air yang biasa disebut jet pump untuk menariknya ke penampungan atau bak.

pilih-pompa-air

Dalam memilih pompa sendiri, untuk menarik air dari sumur tersebut kita harus tahu apakah jensi sumur yang kita gunakan. Karena, untuk sumur bor dengan sumur gali, jenis pompa yang dibutuhkannya juga berbeda. Kedalaman sumur juga harus diketahui agar daya yang dimiliki pompa sesuai dengan kebutuhan. Karena, setiap pompa memiliki daya hisap masing-masing untuk berapa kedalaman minimal tarikannya. Jangan sampai tidak memperhatikan hal ini agar pompa dapat menarik air dengan maksimal sehingga air yang ditarik pun besar.

Jenis Pompa yang Sesuai dengan Kebutuhan
Apabila sumurnya memiliki kedalaman tidak sampai 7 meter, jenis pompa yang bisa dipilih adalah jenis pompa yang dangkal. Ada dua macam pilihan dari jenis pompa ini, manual dan otomatis. Daya listrik yang digunakan pompa ini mencapai 200 watt. Ada pun pompa yang menyatakan daya hisapnya untuk kedalaman 7 sampai 9 meter. Namun, untuk  sumur yang lebih dari 7 meter sebaiknya pilih saja tipe yang lebih tinggi dari ini agar hasilnya maksimal, yaitu tipe semi jet pump yang daya hisapnya untuk sumur 11 meter. Bisa juga jenis jet pump untuk sumur 9 meter dengan diameter 4”. Namun, semakin dalam hingga 12 meter harus diperhatikan juga daya listriknya yaitu yang 125 atau 150 watt, untuk 15 meter yang 250 atau 300 watt, untuk 18 meter yang 375 watt, hingga yang 200 meter dengan daya listrik 500 watt.

Semua spesifikasi di atas dimiliki oleh semua merk, baik yang murah atau mahal. Biasanya yang akan membedakan harga ada pada kualitas dari segi daya tahan umurnya, bahan dari bodynya, komponen motor, elektronik, serta tempat jual itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*