Tenarnya Candi Borobudur

0
107

Apa yang Anda ketahui bila mendengar Kota Magelang? Kota Magelang merupakan salah satu kota yang terdapat di dalam Provinsi Jawa Tengah. Jika Anda ingin berlibur ke Kota Magelang, terdapat beberapa spot yang memang sudah tenar alias terkenal. Anda tahu sejarahnya pembuatan candi? Salah satu candi yang terkenal yang paling sering dikunjungi baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara ialah Candi Borobudur.

Terdapat banyak media yang menyediakan informasi mengenai Spot Wisata Candi Borobudur ini, seperti website-website baik resmi milik perusahaan traveling ataupun milik pribadi salah satunya Anda bisa saja mengeceknya di website Traveloka.

Selain sebagai tempat wisata yang keren jika Anda mengabadikan momen di sana, Candi Borobudur ini seringkali dijadikan sebagai tempat untuk para siswa dan siswi untuk mengenal sejarah. Mereka bisa belajar hingga mengetahui tentang keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia khususnya Candi Borobudur.

Candi Borobudur IndonesiaSumber: http://www.marco.wagener.net

Relief-relief yang ada di setiap dindingnya dan bentuk rupa dari candi mengandung nilai seni dan mengandung makna religius yang sangat tinggi. Pantas saja jika Candi Borobudur pernah menduduki catatan dunia yaitu 7 Keajaiban Dunia. Dan sampai saat ini masih tercatat sebagai landmark yang populer di World Heritage Sites oleh UNESCO. Jadi, Anda jangan kaget bila di tempat ini banyak pengunjung dari seluruh penjuru dunia.

Sejarah Candi Borobudur adalah candi ini didirikan oleh seorang penganut agama Buddha yaitu Raja Samaratungga yang pada masa itu berkuasa pada Kerajaan Mataram Kuno di tahun 800-an M. Karena Candi Borobudur ini merupakan Candi Buddha yang terbesar pada abad ke-9, terdapat 504 stupa Buddha dan 1460 relief di Kompleknya.

Di Candi Borobudur ini, terdapat tiga undakan yang berbentuk tingkatan yaitu Rupadhatu atau ranah berwujud, Arupadhatu atau ranah tak berwujud, dan Kamadhatu atau ranah hawa nafsu. Menurut cerita sejarah dari para arkeolog, Candi Borobudur ini berdiri tepat di tengah sebuah danau yang telah mengering berabad-abad yang disebut dengan danau purba. Atau ada juga yang menyebutkan candi ini didirikan di tepi danaunya.

Di dalam candi, terdapat banyak arca yang dapat Anda lihat dan pelajari fungsi dari masing-masing arca. Untuk bisa memasuki Candi Borobudur ini, hanya perlu membayar Rp. 30.000 per orang dewasa dan Rp. 12.500 per anak. Bagi wisatawan mancanegara juga dapat mengunjungi dengan membayar $20 per orang dewasa dan $10 per anak.

Bagi Anda yang berkunjung ke Candi Borobudur yang berasal dari luar kota tak perlu khawatir, di daerah sekitar Candi Borobudur sangat banyak tempat penginapan seperti hotel-hotel berbintang dengan berbagai fasilitas yang memadai dan harga yang bervariasi. Di website Traveloka pun menyediakan informasi tentang hotel apa saja yang berada di Kota Magelang ini. Salah satunya, Anda akan menemukan hotel bintang dua di Kota Magelang tepatnya di Jl. Mayjend Bambang Soegeng No. 308 yang terkenal dengan nama Hotel Catur Magelang

Sumber: http://www.indohoy.com
Sumber: http://www.indohoy.com

Terdapat berbagai tipe kamar yang bisa Anda pilih sesuai dengan kemauan dan isi kantong Anda. Meskipun harga sangat terjangkau, hotel ini tetap memperhatikan setiap pelayanan yang diberikan dengan baik sehingga kenyamanan Anda tetap terjaga. Terdapat empat tipe kamar yaitu Superior Room dengan harga yang paling murah di antara tipe kamar lainnya yaitu Rp. 285.000 per malamnya. Fasilitas yang disediakan adalah tentu kamar menggunakan AC, shower dengan pilihan air panas atau air dingin dan televisi.

Kemudian terdapat tipe Family Room buat Anda yang sudah berkeluarga hanya dengan membayar Rp. 475.000 per malam. Fasilitas yang disediakan hampir sama dengan Superior Room hanya saja terdapat 2 buah ranjang dan bisa diisi dengan 3 orang tamu.

VIP Room merupakan tipe yang paling spesial dari fasilitas maupun segi harga yaitu Rp. 395.00 per malam. Fasilitas VIP Room sama dengan Superior Room hanya saja terdapat Water Jug dan Hair Dryer.  Dan yang terakhir adalah Executive Room dengan harga Rp. 345.000 per malam.
Dari Candi Borobudur menuju Hotel Catur Magelang, Anda akan menempuh jarak sejauh 10,63 km.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here