Home / Wisata / Wana wisata Dander

Wana wisata Dander

Wana wisata Dander, lokasinya sekitar 16 kilometer dari Kota Bojonegoro. Di obyek wisata tersebut, fasilitas yang ada, selain sebuah lapangan golf mini yang dibangun tahun 2000, juga tempat bermain anak-anak dan sebuah kolam renang.

Secara administratif berada di Desa Dander, Kecamatan Dander dan Kabupaten Bojonegoro. Secara pengelolaan hutan terletak di petak 7a seluas 19 ha dan 9a seluas 4,5 ha, RPH Dander, BKPH Dander, KPH Bojonegoro, terletak pada ketinggian 32 mdpl dengan suhu 35 0C dan curah hujan rata-rata 3098 mm/tahun.

Aksesibilitas menuju lokasi dapat dijangkau dengan angkutan umum dengan kondisi jalan beraspal, jarak dari Kabupaten Bojonegoro ± 12 km. Potensi daya tarik wisata alam yang dimiliki yaitu hutan lindung yang dipergunakan sebagai area bumi perkemahan (BUPER) yang dikelola oleh Perhutani, sedangkan  kolam renang dan lapangan golf, dikelola oleh PEMDA Bojonegoro. Retribusi yang dibayarkan ke PEMDA sejumlah 50 % dari KTM tahun 2005 (Rp. 1.000,-) berdasarkan MOU tahun 2005 antara PEMDA dan Perhutani, dan masih berlaku sampai sekarang walaupun KTM sekarang naik Rp. 3.000,-.

Selain hutan, daya tarik wisata alam yang lain yaitu sungai sumberan dengan airnya yang jernih melintasi lapangan golf menuju ke utara kearah Desa Dander.

Fasilitas yang ada di Wana Wisata Dander yaitu shelter, toilet, area bermain, loket dan pintu gerbang  dengan tiket masuk Rp. 3.000,-. untuk dewasa dan Rp. 1.500,- untuk anak-anak, biaya  parkir Rp. 2.000,- untuk kendaraan roda 4 dan Rp. 1.000,- untuk kendaraan roda 2.

Pemandian ini airnya mengambil dari sumber air alami yang sangat bersih dan jernih sehingga dapat semakin menambah kesegaran bila kita mandi di kolam ini.
Adapun fasilitas pendukungnya antara lain:

  •     Kamar ganti pakaian
  •     Ban/pelampung
  •     Tangga disertai papan loncat indah
  •     Mainan anak-anak
  •     Shelter/tempat berteduh
  •     Pertokoan
  •     Tempat pertemuan
  •     Lapangan Golf

Lapangan Golf ini terletak di sebelah barat Taman Wanawisata Dander yang memiliki potensi ± 9 hole dan diharapkan akan terus berkembang. Sedangkan fasilitas yang disediakan meliputi tempat istirahat yang digunakan sebagai pusat kegiatan olahraga golf.

Keunggulan dari wisata ini yaitu tempat yang sangat luas dan dilengkapi dengan padang golf, wisata ini sangat cocok untuk anak-anak karena selain padang golf, disana juga terdapat berbagai macam permainan anak-anak, seperti taman bermain, kolam untuk mandi bola, kolam renang dan sungai yang sangat jernih dengan keadaan sekelilingnya yang sejuk dan tentu saja bebas dari polusi.

Refrensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Bojonegoro#Wana_Wisata_Dander
http://wanawisataperhutani.blogspot.com/2012/07/wana-wisata-dander.html
http://www.bloggerbojonegoro.com/tirtawana-dander.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*